Sejarah

Fakultas Pertanian Universitas Panji Sakti berdiri pada tanggal 22 April 1985, hal ini merujuk pada Keputusan Dewan Pelaksana Harian Yayasan Korpri Panji Sakti Singaraja Nomor 06/PS/IV/1985 tentang Pembentukan Universitas Panji Sakti Singaraja.

Latar belakang pendirian Program Studi Agroteknologi yang pada awalnya bernama jurusan/ program studi  Budi Daya Pertanian, didasarkan atas pertimbangan berikut:

  1. Perkembangan lulusan sekolah menengah baik di Kabupaten Buleleng maupun di luar Kabupaten Buleleng yang membutuhkan pendidikan tinggi.
  2. Munculnya peraturan baru pada waktu itu yang tidak mengijinkan PTN/ PTS menyelenggarakan kelas jauh. Pada waktu itu di Singaraja ada sejumlah PTS dengan status kelas jauh, yaitu (1) Universitas Ngurah Rai; (2) Universitas Bali; (3) STISIPOL Wira Bakti Singaraja; (4) IKIP PGRI Singaraja; (5) FKIP Universitas Warmadewa. PTS dengan status kelas jauh yang tidak diijinkan lagi beroperasi, mahasiswanya perlu ditampung oleh institusi Pendidikan tinggi yang didirikan  di Singaraja sesuai peraturan yang berlaku.
  3. Keinginan masyarakat serta dukungan pemerintah. Hal ini sehubungan dengan adanya perencanaan UNUD untuk memindahkan FKIP UNUD yang berkedudukan di Singaraja agar menjadi satu dengan induknya di Denpasar. Oleh karena sebelumnya sudah dikenal sebagai kota pelajar, maka dipandang perlu ada perguruan tinggi alternatif untuk mendukung status Singaraja sebagai kota pelajar.

Menindaklanjuti SK Dirjen Dikti No. 045/U/2002 tanggal 2 April 2002 tentang kurikulum inti pendidikan tinggi, maka Jurusan/Program Studi Budidaya Pertanian berubah nama menjadi Program Studi Agronomi, dan sejak saat itu menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).

Berdasarkan Surat Nomor 3207/D/T/K-VIII/2009 tertanggal 24 Agustus 2009, Departemen Pendidikan Nasional c/q Kopertis Wilayah VIII, perihal Perpanjangan Ulang Izin Penyelenggaraan Program Studi Agroteknologi, Strata Satu (S-1) pada Universitas Panji Sakti, Singaraja, maka Program Studi Agronomi Fakultas Pertanian Universitas Panji Sakti berubah nama menjadi Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Panji Sakti.

Perubahan nama Program Studi menjadi Agroteknologi merupakan antisipasi kebutuhan masyarakat, yang selalu berkembang dan menginginkan kualitas lulusan yang memiliki kompetensi dibidang teknologi pertanian. Untuk itu juga dilakukan revisi dan perubahan kurikulum sehingga lulusan memiliki profil sesuai dengan kemajuan pertanian saat ini.

Fasilitas Yang bisa anda dapatkan di UNIPAS